Mengenai Saya

Foto saya
Argo Mino Arum telah berdiri sejak hari Selasa tanggal 6 Juni 2006. Pendirian kelompok ini atas dasar pertemuan yang dilakukan di serambi Masjid Al-Falaah Semaken, Banjararum, Kalibawang Kulon Progo. Pendirian ini didasarkan atas pentingnya wadah untuk ajang silaturahmi dan pengelolaan budidaya perikanan itu sendiri agar menjadi suatu perikanan yang tangguh, handal, dan berpotensi. Pendirian ini tidaklah lepas atas dukungan dan binaan dari Kelompok Budidaya Perikanan Trunojoya Wates dan Kelompok Budidaya Perikanan Argomino Nanggulan. Argo Mino Arum beranggotakan dari para pembudidaya ikan yang berada si seputaran Desa Banjaraum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

Jumat, 15 Januari 2010

KEUNGGULAN KOLAM TERPAL

Kita bahas kali ini keunggulan kolam terpal menurut pengalaman kelompok kami
Dari berbagai kejaian budidaya yang kali lakukan ada beberapa keunggulan kolam terpal dan kekuaranggannya.
Keunggulan :
1. Jelas dengan kolam terpal kita dapat berbudidaya perikanan dengan air yang hemat. Baik dalam dataran tinggi yang susah dengan irigasi air. Ataupun budidaya dalam kondisi tanah yang porus. Seperti yang dialami oleh kelompok Argo Mino Arum. Daerah dataran tinggi tanah kering dapat dibuat kolam budidaya gurami dan lele. Dengan menggunakan kolam terpal dan pemanfaatan air seadanya, memungkinkan budidaya tersebut.
2. Keunggulan lain adalah air kolam yang tidak terhubung dengan tanah. Sehingga dalam kondisi tanah yang basa ataupun asam. Air kolam dapat terpisah dan dapat diatasi kadar phnya. Dalam lahan gambut pun kolam terpal dapat dimanfaatkan sebagai alternatif yang baik
3. Hemat biaya bila dibandingkan dengan kolam semen. Jelas
4. Suhu air yang relatif atabil. Keunggulan kolam terpal adalah suhu air yang relatif lebih stabil. Ini terbukti dari pengalaman kami. Dalam musim-musim sulit (juni, juli, dan agustus) ketika fluktuasi suhu antara sing dan malam tinggi. Air dalam kolam terpal dapat mengatasi hal tersebut. Dengan fluktuasi suhu udara antara 21 - 37 C kolam air kolam terpal dapat bertahan dengan fluktuasi 24 - 29 C. Kenapa?? Karena kolam terpal memiliki sifat termos. Dengan warna perak yang ditaruh diatas. Maka kolam dapat menahan suhu air dengan baik. Begitu juga pemanfaatan sekam padi dalam pembuatan kolam terpal. Hal ini memperhangan air ketika malam hari.
5. Penanganan dari hama dan penyakit lebih mudah. Kolam terpal dapat meng isolasi air bercampur dari kolam satu dengan lainnya. Sehingga dapat meminimalisir penyebaran penyakit dan penularannya. Dari hama pun seperti itu. Ular, Katak, dan Regul, relatif lebih medah mengatasinya.
6. Kolam terpal baik digunakan untuk penebaran bibit ukuran apapun. Biasanya dalam kolam tanah, penebaran benih ukuran kecil memiliki masalah dalam survival rate-nya. Kita tebar 10.000 ekorbenih, tanpa ada amaslah dalam budidaya, hanya bisa panen 1000-1500 ekor. Lha ini sering membingungkan. Dalam kolam terpal hal ini tidak terjadi. Mengapa? Karena hal itu terjadi akibat kematian ikan yang tidak terkontrol. Ikan yang mati (bibit kecil) biasanya tenggelam. Setelah 3-4 jam baru ikan mulai terapung di permukaan kolam. Dalam kolam tanah. Bibit yang tenggelam ini tidak terapung karena terperosok dalam lumpur permukaan kolam. Dalam kolam tanah ikan yang mati pasti akan mengapung. Sehingga kontrol jumlah dan penanganan dapat dilakukan.
Lah ini adalah keunggulan kolam terpal. Untuk kekurangannya saya kira tidak begitu menjadikan banyak masalah. Selamat mencoba kolam terpal. (Arman)

1 komentar:

SalsaNetwork mengatakan...

Salam kenal.. saya juga sedang budidaya pembesaran ikan gurami, dan juga sedia benih gurami, lele