Mengenai Saya

Foto saya
Argo Mino Arum telah berdiri sejak hari Selasa tanggal 6 Juni 2006. Pendirian kelompok ini atas dasar pertemuan yang dilakukan di serambi Masjid Al-Falaah Semaken, Banjararum, Kalibawang Kulon Progo. Pendirian ini didasarkan atas pentingnya wadah untuk ajang silaturahmi dan pengelolaan budidaya perikanan itu sendiri agar menjadi suatu perikanan yang tangguh, handal, dan berpotensi. Pendirian ini tidaklah lepas atas dukungan dan binaan dari Kelompok Budidaya Perikanan Trunojoya Wates dan Kelompok Budidaya Perikanan Argomino Nanggulan. Argo Mino Arum beranggotakan dari para pembudidaya ikan yang berada si seputaran Desa Banjaraum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

Selasa, 02 Juni 2009

Produksi Kami


PRODUK YANG DIHASILKAN
Pokdakan Argo Mino Arum Memiliki hasi berupa bibit gurami. Bibit gurami yang kita hasilkan memiliki berbagai keunggulan. Sesuai dengan budidayanya keunggulan yang paling utama dari bibit gurami kami adalah ketahanan dan kekebalan terhadap lngkungan yang buruk bila dibandingkan dengan bibit gurami yang lainnya. Selain dari itu kita memilih jenis bibit gurami yang cepat berkembang yaitu jenis bibit gurami soang dan blausafir. Penggunaan probiotik dan vitamin C yang baik juga membuat bibit gurami yang kita hasilkan menjadi memiliki kekebalan tubuh yang baik.
Kualitas menjadi kunci pokok dari produk bibit gurami yang kita hasilkan, akan tetapi selain itu kuantitas juga menjadi bagian penting. Besarnya ukuran standar yang kadang menjadi subyektif dalam hal produk bibit gurami. Dan juga jumlah dalam pelayanan pemasaran juga akan kita perhatikan. Produk bibit gurami yang dihasilkan berkualitas tinggi.
1. BIBIT GURAMI KUKU
Bibit gurami kuku merupakan bibit terkecil yang kita pasarkan. Bibit gurami ini dapat ditransportasikan jarak jauh. Sistem pengangkutannya menggunakan plastik polytiline, Untuk pengangkutan jarak jauh antar pulau dilakukan dengan pengiriman melalui kargo pesawat udara port to port. Bibit gurami dibungkus dalam plastik beroksigen lalu dimasukkan ke dalam stereofoam ukuran standart. Kemampuan bibit dengan metode pengangkutan ini bertahan dengan baik sekitar 12 jam perjalanan. Pakan terbaik dari bibit gurami kuku adalah cacing sutera, dapnia, artemia atau pakan alami lainnya, akan tetapi dapat pula diberikan pakan buatan berupa pellet ukuran serbuk yaitu pellet D-O dengan kadar protein 40%. Selain dari pemasaran lokal dalam pulau Jawa, Pengiriman luar Pulau yang sering kita lakukan adalah ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Bibit gurami kuku masih kita bagi berdasarkan ukurannya :

Panjang Umur Isi Stereofoam Keterangan Harga
cm Hari (ekor) Sebutan Umum (Rp)
1,5 21 4000 ukuran 3/4 0,73 " nego !!
2 28 3600 ukuran 3/5 1 " nego !!
2,5 35 3000 ukuran 4/6 1,25 " nego !!
3 42 2400 ukuran 5/7 1,5 " nego !!


2. BIBIT GURAMI JEMPOL
Bibit gurami ukuran jempol merupakan bibit gurami dengan umur gurami 2 bulan. Berat rata-rata bibit guramu jempol adalah 10 gram. Panjang dari bibit ini 3-4 cm. Bibit gurami ukuran jempol menggunakan pakan buatan pellet ukuran butiran 1 mm dengan kadar protein sekitar 38%. Pellet yang sering digunakan adalah F-999, PA Super ataupun merek lainnya. Sistem pengangkutan bibit gurami ukuran jempol dapat dilakukan dengan pangangkutan ikan terbuka dengan jerigen yang berisi 500 ekor. Untuk pengiriman jarak jauh kita menggunakan metode pengangkutan tertutup dengan kantong palstik yang beroksigen, setiap kantong plastik sedang kita isi 250 ekor. Pengiriman bibit gurami ukuran jempol dapat dilakukan antar pulau pula dengan menggunakan kargo pesawat udara port to port. Untuk setiap stereofoam kita isi dengan 1200 ekor bibit gurami ukuran jempol. Pengiriman luar Pulau yang sering kita lakukan adalah ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

3. BIBIT GURAMI SILET
Bibit gurami ukuran silet merupakan bibit yang banyak digemari oleh para pendeder bibit gurami, ukuran ini merupakan ukuran favorit dikarenakan ukuran ini sistem pemeliharaan dan mortalitasnya sudah mendekati bibit gurami ukuran besar. Panjang bibit ukuran ini adalah 5-6 cm. Bobot dari bibit ukuran silet rata-rata adalah 20 gram. Umur bibit gurami ukuran silet berkisar 90 hari. Pakan bibit gurami silet adalah pakan buatan pellet ukuran 1-2mm, seperti F-999, SPLA-2, 781-2 atupun merek lainnya. Dapat pula diberikan pakan hijau daun yang lembek, seperti daun talas muda, daun ketela muda, dll. Pengangkutan dilakukan dengan metode terbuka jerigen satu diisi 300 ekor bibit. Dengan pengangkutan ini ketahanan lama pengiriman mencapai 12 jam perjalanan lebih.

4. BIBIT GURAMI KOREK
5. BIBIT GURAMI ROKOK
6. BIBIT GURAMI 4 JARI
7. BIBIT GURAMI TAMPELAN
8. BIBIT GURAMI KILOAN

Hasil produksi kami yang utama adalah bibit gurami dengan berbagai ukuran, akan tetapi selain dari pada itu kita juga melakukan kerja sama terhadap petani pembenih lain yang memproduksi bibit ikan selain gurami yaitu bibit bawal, bibit lele, bibit nila, bibit garkap, dan bibit patin.
9. BIBIT BAWAL
Bibit bawal yang kita pasarkan adalah bibit bawal ukuran kecil, dari ukuran larva, burayak, dan ukuran inchinan. Bibit tersebut merupakan produksi dari petani pembenih yang ada di lokasi sekitar. Sistem pengiriman dari benih bawal dilakukan dengan menggunakan kantong palstik beroksigen. Kapasitas kantong plastik sesuai dengan ukuran dan jarak tempuh pengiriman. Pengiriman luar pulau Jawa juga kita lakukan dengan menggunakan transportasi pesawat udara.
10. BIBIT LELE
Bibit lele yang kita pasarkan adalah dari jenis lele sangkuriang. Bibit lele mulai dari ukuran 2-3 cm hingga ukuran 5-7 cm kita pasarkan. Untuk pengiriman jarak jauh hanya bibit ukuran 2-3cm, dan 3-4 cm saja. Pengiriman juga dilakukan dengan transportasi udara menggunakan wadah kantong plastik yang dimasukkan stereofoam. Bibit ukuran pembesaran 4-6 cm dan 5-7 cm dipasarkan langsung ke petani pembesar dengan transportasi menggunakan jerigen plastik.
11. BIBIT NILA
12. BIBIT GRASKAP
13. BIBIT PATIN

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas,kalau bibit ukuran kuku berapa harganya mas?